Kamis, 13 November 2008

Pemenang adalah Orang yang Memenangkan Orang lain

Pernahkah kita berpikir untuk kalah? Tentu tidak akan ada orang yang berpikir untuk kalah, sebelum memulai suatu kompetensi. Semuanya pastilah mengharapkan suatu kemenangan bagi dirinya. Kemenangan menjadi hal yang sangat penting dan menyenangkan bagi orang yang mendapatkannya, sehingga berbagai usaha dan cara dilakukan untuk mendapatkan kemenangan. Akan tetapi, terkadang segala macam cara dan usaha yang ditempuh membuat seseorang melupakan sisi terbaik dalam hidup ini. Dengan kata lain, segala macam cara dihalalkan untuk mencapai tujuan, tanpa memikirkan dampaknya bagi kehidupan orang lain. Dampak tersebut akan menjadi sesuatu yang berguna, jika menguntungkan. Sebaliknya, akan menjadi malapetaka, jika merugikan orang lain. Nah, apakah jika seseorang yang menggunakan segala cara dan usaha untuk menang tetapi merugikan orang, dapat dikatakan pemenang?
Pemenang tidak selamanya menang. Seseorang tidak akan menjadi pemenang jika ia tidak berusaha dengan sepenuh hati dan tanggap terhadap berbagai persoalan yang ada di sekitarnya. Kemenangan mungkin didapatkan seseorang melalui kerja keras. Kemenangan juga akan didapatkan seseorang jika ia belajar untuk disiplin melakukan semuanya. Namun, percuma saja seseorang menang, kalau kemenangannya itu malah menyengsarakan sebagian orang, dan percuma saja ia punya segalanya, kalau yang ia dapatkan itu dari hasil merugikan orang lain.
Pemenang yang dikatakan menang, adalah seseorang yang selalu berusaha mencapainya dengan kerja keras, jujur, adil, dan tidak merugikan orang lain. Jika seseorang sudah melakukan tugasnya dengan kerja keras, disiplin, dan tidak merugikan orang lain, ia sudah dapat dikatakan seorang pemeang. Lebih baik lagi jika kemenangan yang ia dapatkan adalah hasil memenangkan orang lain. Dengan kata lain pemenang adalah orang yang mengalah untuk menang. Jadi, seorang yang dikatakan pemenang adalah orang memiliki daya juang dan semangat yang tinggi. Lebih dari itu, seorang pemenang adalah orang yang selalu berusaha meletakkan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi/golongan. Orang yang demikianlah yang pantas untuk menang, dan pantas mengangkat kedua tangannya ke atas. Karena pada hakikatnya, mereka adalah orang yang berjiwa besar untuk merelakan suatu kemenangan, kebahagian, dan keramaian untuk kemajuan bersama.

Tidak ada komentar: